Pameran Angkasa Provinsi Gyeonggi 2010

5 Jun 2010

terjemahan dari Gyeonggi-do Sky Expo 2010

This part of my life is called flying…

Okay,, saya tidak benar-benar terbang (secara literal terbang di angkasa). Tapi pikiranku terbang bersama segala benda-benda angkasa (bukan bulan, bintang, matahari, tapi pesawat!) yang terbang melewati kepalaku. Saya ga akan tahu seberapa bagusnya Sky Expo sampai akhirnya melihat dengan mata kepala sendiri. Semua pesawat, helikopter, dan aksi-aksi akrobatik di udara, mengikat kaki ku tanah namun membuat pandanganku terbang ke langit biru.. menikmati segala yang indah..

Bukan saya yang ngambil (kebanyakan) foto2 ini, tapi si Badrul.. Baterai kamera saya habis karena lupa direcharge, dan baterai cadangannyapun hilang (nasib!). Untung saja, teman fotografer saya yang satu ini sudah punya foto2 bagus yang boleh saya pakai :D

Acara dibuka dengan penampilan dari seorang pilot wanita. Bukan sekedar pilot wanita, tapi yang satu ini adalah pilot akrobatik, dan dia beratrakrasi dengan sangat keren!. Namanya adalah Svetlana Kapanina, dari Russia. Tempo hari, dia menerbangkan pesawat merah seperti yang bisa teman2 lihat di gambar pertama (paling atas).

http://www.fai.org/press_releases/2003/images/svetlana_kapanina_s.jpg

begini cara dia terbang waktu itu…

attractive!

Tak lama setelah itu, orang-orang meributkan sesuatu (karena saya ga terlalu nangkep pengumumannya, ??? ? ???). Orang-orang menunjuk ke arah timur. Dan tiba2, pesawat-pesawat tempur Talon muncul dari ufuk timur. Grup ini disebut Black Eagles (walaupun sekarang warnanya sudah tidak ‘hitam’). Tim Black Eagles adalah tim akrobatik dari Angkatan Udara Republic of Korea. Mereka terbang indah di dalam formasi. Dan FYI, ke-8 jet ini adalah buatan Korea. T50 - Golden Eagle adalah pesawat F-16 yang dilisensikan pembuatannya oleh Amerika kepada Korea Aerospace Industries, kerjasama dari Samsung Aerospace, Daewoo Heavy Industries, dan Hyundai Space and Aircraft Company (HYSA).

(klik picturenya ???..)

Acara selanjutnya masih terbang akrobatik. Ada 4 penampil terbang akrobatik lagi setelah jet-jet ini. Hanya saja, cara terbangnya semakin menjadi-jadi, pilot menerbangkan pesawatnya seperti orang gila (bikin penonton takut..). Seringkali pesawat seperti terlihat lepas kendali, berputar-putar seperti bij salak dalam blender, hampir menabrak tanah, mesin pesawat mati,.. tapi yeaah.. itu cuma trik dari pilot untuk menghibur kita (akting yang bagus pak Pilot!).

Selain atraksi-atraksi akrobatik, dari pesawat-pesawat terbang. Pameran angkasa ini juga menampilkan helikopter-helikopter. Helikopter memiliki peran yang penting di berbagai area. Pesawat terbang membutuhkan landasan yang relatif panjang untuk mendarat dan takeoff, jadi mereka terkadang tidak fleksible untuk beberapa tugas. Tapi helikoper tidak, mereka fleksible. Helikopter biasa digunakan di dalam militer, misi-misi kemanusiaan dan penyelamatan, pemadam kebakaran, pengamatan, dan juga alat transportasi untuk orang penting (saya kapan ya jadi orang penting? :p).

Ini dia yang dari militer. Satu adalah dari keluarga blackhawk (mungkin “nighthawk”), dan satu lagi adalah helikopter berotor (baling-baling) ganda, saya ga tahu namanya.

Dua ini adalah untuk pemadam kebakaran..

Lalu, selain dari pesawat dan helikopter, expo juga memberikan penampilan aksi parasut, tank-tank,pameran mengenai industri angkasa (indoor exhibition), dan juga permainan/pertunjukkan2 untuk keluarga. Sangat menyenangkan bisa datang ke sana, banyak hal yang bisa dilihat. Dan karena saya datang ketika tanggal 25 Mei (Hari Anak Nasionalnya Korea), banyak orang Korea yang datang ke expo bersama keluarganya dan menikmati hari di sana.. ^^


TAGS ansan penerbangan pameran angkasa militer


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post